Posted in Personal Story

15 Cara untuk Menjadi Duta LDR Cerdas dan Elegan a la Vita

LDR (Long Distance Relationship) adalah hubungan yang terjalin antara kaum Jono dan Jeni yang dipisahkan oleh jarak, sehingga dapat menimbulkan suatu reaksi yang berlebihan pada hati dan otak si pelaku (nah loh!).
Lalu, bagaimana caranya agar bisa survive menjadi duta LDR yang cerdas dan elegan?

1. Niat
Dengan niat, segala pekerjaan yang akan Anda lakukan menjadi lebih mudah. Tetapi tanpa niat, apapun yang Anda kerjakan tidak akan berjalan dengan baik, tidak fokus dan setengah-setengah. Betul?

  1. Menganut Konsep 5W1H
    Anda pasti tahu tentang konsep yang satu ini, bukan? Ya, Anda harus tahu apa itu LDR? Dengan siapa Anda akan menjalaninya? Kapan waktu yang tepat untuk memulai dan mengakhirinya? Di mana tempat yang cocok untuk kentjan pertama setiap kali bertemu? Dan Anda juga harus mengetahui, bagaimana risiko yang harus dihadapi oleh setiap duta LDR?
  2. Estimasi Dana
    Jaraklah yang membuat Anda harus menyiapkan dana lebih untuk urusan cinta semacam ini. Buatlah catatan keuangan pada bulan pertama jadian, berapa pengeluaran penggunaan pulsa dan jumlah harga tiket yang digunakan untuk menaklukkan jarak tersebut. Jadi, Anda akan lebih mudah menyiapkan seberapa banyak anggaran yang diperlukan untuk menjalani hubungan ini pada bulan-bulan selanjutnya.
  3. Laporan Kegiatan Harian
    Entah Anda harus jujur atau tidak, laporan kegiatan harian atau yang dikenal dengan LKH ini wajib dilaksanakan oleh setiap duta LDR demi terciptanya suasana hati yang tenang dan kondusif. Tetapi jika Anda terpaksa harus berbohong, maka berbohonglah yang bijak dan logis. Jangan lupa dicatat sebagai pertanggung jawaban di kemudian hari (halah!).
  4. Stalking Sosial Media
    Manurut saya dan beberapa narasumber yang saya wawancarai, dalam stalking sosial media ini Anda tidak harus berteman atau saling follow. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mengelabui pasangan Anda dan membuatnya berpikir bahwa, “berarti pacar gue nggak kepo!”. Anda juga bisa membuat account lain dengan menggunakan nama samaran. Jadi ketika pasangan Anda mulai berbuat yang tidak jujur, Anda sudah siap dengan bukti-bukti otentik untuk menjebloskannya ke lembah kenistaan seorang duta LDR yang kampret. (—, )>
  5. Frontal
    Definisi frontal di sini yaitu dalam mengungkapkan perasaan kepada pasangan. Apatah Anda sedang rindu atau sedang memikirkannya, sebaiknya Anda ungkapkan secara blak-blakan. Saya yakin, pasangan Anda juga pasti senang.
  6. Berteman dengan Pegawai Travel Agent
    Seiring dengan turun-naiknya harga tiket, berteman dengan salah satu pegawai travel agent sangat saya anjurkan. Mengapa? Sesungguhnya, mereka adalah sang penyelamat bagi jiwa-jiwa kesepian para duta LDR. Mereka akan setia membantu dan siap siaga memberi kabar gembira mengenai harga tiket murah menuju tempat tinggal sang pujaan hati. Namun yang lebih menguntungkan adalah jika Anda yang menjadi pegawai travel agent ataupun pemiliknya.
  7. Menjadi Agen Pulsa
    Fasilitas penakluk jarak yang bisa Anda andalkan sebagai duta LDR adalah voucher pulsa. Komunikasi yang intens adalah modal utama dalam LDR, sehingga menjadi agen pulsa adalah pekerjaan yang sangat menguntungkan. Selain bisa digunakan sendiri, Anda juga bisa menjualnya. Hasilnyapun dapat Anda gunakan untuk membeli tiket perjalanan untuk meet-up dengan pasangan Anda. Menguntungkan bukan?
  8. Percaya
    Ini cara yang paling (tidak) gampang diterapkan. Percaya pada setiap kata-kata pasangan Anda dan ber-positive thinking pada setiap kegiatan yang ia kerjakan di sana. Hal ini juga akan membuat hati Anda tenang dan tidak mudah stress. Tapi jika Anda sudah tidak percaya lagi namun masih ingin memiliki, maka pasunglah ia wahai saudaraku!
  9. Aplikasi SpyPhone
    Bagi Anda duta LDR yang suka kepo, nggak percayaan dan menggilai smartphone, SpyPhone adalah salah satu aplikasi wajib yang harus Anda ketahui untuk memata-matai pasangan Anda. Coba Anda install pada telepon genggam pasangan Anda tanpa sepengetahuannya dan voila! \(´▽`)/
  10. Simpan Foto Dalam Dompet
    Jadi begini, menyimpan foto pasangan di dalam dompet adalah alat pengontrol dari godaan perempuan-perempuan cantik nan sexy macam Jupe atau lelaki ganteng nan rupawan macam Ahmad Al Ghazali. Jika ada yang ingin mendekati Anda tetapi Anda tidak suka, gunakanlah modus “foto dalam dompet”. Hah, bagaimana cara kerjanya? Jadi, ketika Anda jalan berdua bersama si target ke sebuah supermarket, mall, atau restaurant, berbesar hatilah untuk mentraktirnya. Ketika sedang membayar, jangan lupa perlihatkan foto dalam dompetmu seolah tanpa disengaja dan usahakan si target melihatnya.
  11. Terapkan Foto Pasangan Anda Sebagai Wallpaper
    Ini sama fungsinya dengan poin nomor 11. Tetapi, ini juga bisa menjadi ajang pamer kepada teman-teman Anda dan yang paling utama adalah sebagai penyemangat dalam menjalani hari-hari Anda, apalagi jika pasangan Anda gantengnya macam David Beckham. Dan satu lagi, set as wallpaper foto pasangan Anda adalah pencegah mata, hati dan jempol untuk menghubungi mantan, apalagi jika foto pasangan Anda sedang menggunakan ekspresi marah sambil melotot dan melintirin kumis. (ʃ_ƪ)
  12. Menyirami dengan Bumbu Keromantisan
    Ah, ini sedap nih! Menurut riset dan pengalaman, LDR itu ibarat bunga. Bunga itu kalau lama tidak disiram akan layu, bukan? Sama dengan menyirami sebuah hubungan jarak jauh, harus selalu disirami dengan bumbu-bumbu keromantisan. Anda bisa mengirimkan puisi/sajak dibarengi dengan kado ketika peringatan anniversary setiap bulan atau sekadar mengucapkan, “selamat pagi cantik/ganteng”. Ini hanya beberapa contoh sederhana, kok. Because I know, everybody have their own way to be romantic. (ʃƪ˘˘ﻬ)
  13. Berteman dengan Teman
    Berteman dengan teman siapa? Tentu saja dengan teman-teman pasangan Anda. Anda bisa bertanya apa saja kepada teman dekatnya bukan? Hanya untuk lebih mengenal keseharian pasangan Anda atau sebagai tempat meminta bantuan ketika Anda sedang “ribut” dengan pasangan atau ketika sedang terjadi hal-hal yang di luar dugaan dan Anda tidak berada di samping pasangan Anda.
  14. Dan, menikahlah!
    Wah, ini! Cara yang satu ini tidak untuk dipraktikkan pada pelaku LDR di bawah umur ya. Menikahlah! Maka Anda bisa bebas bertemu dan “ribut” kapanpun Anda mau bersama pasangan. Simple has that!

Nah, bagaimana? Menjadi duta LDR tidaklah hina, bukan? Karena Anda lebih cerdas dalam memanfaatkan peluang, serta lebih elegan dalam mencintai pasangan Anda tanpa harus ngglendotin pacar ke mana-mana.

Menjadi duta LDRpun tidaklah merugikan, bukan? Karena saya yakin, ketika rindu menggebu, Anda akan lebih giat mencari tambahan modal untuk meet-up dan liburan bersama pasangan Anda.

Selamat berkutat dengan jarak dan waktu para duta LDR, semoga sukses! :))

Written on April 26, 2014

 

Advertisements

Author:

A Professional Dreamer!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s